Monday, March 26, 2012

Pepes Telur Bebek

























Pernah melihat telur bebek di pepes? kira-kira bagaimana ya rasanya?
Telur bebek menurut saya lebih enak di banding dengan telur Ayam. karena tektur putihnya lebih sedikit dan kuningnya besar dan lembut. enak sekali di makan. kemarin saya mencoba membuat trobosan tentang telur bebek. kebetulan kemarin saya habis membeli telur bebek yang jumlahnya lumayan banyak. akhirnya karena bingung mau dimasak apa...saya bikin deh pepes telur bebek. dan ternyata udah banyak juga yang mencoba..
gambar di atas pun saya curi dari google..(makasih ya..)

bahan yang di haluskan:

  • ketumbar
  • kemiri
  • merica
  • bawang merah
  • bawang putih
  • kunyit
  • garam
  • gula merah/gula palm/gula biasa
Kemudian caranya sangatlah mudah:
  • tumis bumbu yang di haluskan, tambahkan air ,tomat dan santan, kemudian tunggu hingga mengental
  • ceplok telur bebek mentah di atas daun pisang (di bawahnya di lembarin daun salam ya)
  • siram telur tadi dengan bumbu tumis secukupnya
  • tambahkan,atau tempelkan cabe rawit merah 
  • bungkus dan kunci dengan stepless atau tusuk gigi
  • kukus kira-kira 30 menit
nah berdasarkan pengalaman saya, setelah ini tidak perlu lagi dibakar seperti pepes lainnya. karena bentuk bungkusnya bukanlah seperti bungkus pepes ikan, tetapi lebih tepatnya dalam bahasa jawa seperti membungkus botok.

oke nikamti selagi panas ya...

No comments:

Post a Comment

Mari Kita berbagi ilmu dan saling Sharing disini ya...