Wednesday, March 14, 2012

Pasukan Suriah Bunuh Lebih dari 40 Orang di Luar Masjid

Damaskus, Korban jiwa terus berjatuhan di Suriah. Pasukan Suriah dituding membunuh lebih dari 40 orang di luar sebuah masjid di Kota Idlib, Suriah utara. Ini terjadi di saat rezim Presiden Bashar al-Assad terus melakukan operasi untuk menumpas aksi-aksi perlawanan di negeri itu.

Kota Idlib yang selama ini termasuk salah satu kantong besar perlawanan, telah berhasil dikuasai pasukan pemerintah setelah kota itu digempur dengan tembakan artileri, senapan mesin dan tank-tank selama tiga hari berturut-turut. Sebagian besar pejuang oposisi telah meninggalkan kota tersebut.

Menurut para aktivis oposisi, seperti diberitakan harian Telegraph, Rabu (14/3/2012), pasukan pro-rezim Assad dengan sengaja menembaki warga Idlib yang tengah berkumpul di luar masjid al-Bilal di kota tersebut. Saat itu warga berkumpul di situ untuk melihat jasad-jasad yang dibuang di tempat tersebut. Menurut para aktivis tersebut, 45 orang tewas dalam peristiwa itu.

Seorang aktivis oposisi Suriah mencetuskan pemerintah tengah melakukan kekejaman brutal terhadap para tersangka simpatisan oposisi guna melemahkan dukungan terhadap pemberontak.

"Kami melihat kampanye sistematis pemusnahan etnis dengan tujuan mengosongkan kawasan-kawasan anti-Assad," kata seorang aktivis seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (14/3/2012).

"Banyak pula yang tewas ketika mereka mencoba lari, jadi tujuannya juga untuk memaksimalkan teror," imbuhnya.

Sebelumnya, setidaknya 16 warga sipil, kebanyakan wanita dan anak-anak, dibunuh di Distrik Karm el-Zeytoun, Homs.

Aksi demonstrasi anti-Assad akan genap berlangsung setahun pada Kamis, 15 Maret besok. Sejauh ini, setidaknya 30 ribu warga Suriah telah melarikan diri ke negara-negara tetangga.

Mereka yang mencoba kabur dihadapkan pada risiko akan keselamatan jiwa mereka. Sebabnya, menurut organisasi HAM Human Rights Watch, pasukan Suriah telah memasang ranjau-ranjau di sepanjang perbatasan Suriah dengan Turki.

Badan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memperkirakan sejauh ini lebih dari 8 ribu orang telah tewas selama pergolakan di Suriah yang dimulai sejak 15 Maret 2011 itu. Kepala Liga Arab Nabil Elaraby pun telah menyerukan adanya penyelidikan internasional atas pembunuhan warga sipil di Suriah.

sumber: http://news.detik.com/read/2012/03/14/140611/1867076/1148/pasukan-suriah-bunuh-lebih-dari-40-orang-di-luar-masjid?

1 comment:

  1. Bovada, the #1 mobile sports betting app in Colorado
    Bovada, the #1 mobile sports betting app 충주 출장샵 in Colorado, offers top 서산 출장마사지 odds on 군포 출장마사지 all 의정부 출장마사지 sports, including pro football, soccer, basketball, baseball,  Rating: 인천광역 출장마사지 4.3 · ‎12 reviews

    ReplyDelete

Mari Kita berbagi ilmu dan saling Sharing disini ya...